Senin, 16 Februari 2009

pengertian talent

3. TELNET ( Tele Network)
TELNET ( Tele Network) adalah suatu terminal yang dapat digunakan untuk mengakses resource yang ada di computer Server, adapun cara untuk mengakses computer server tersebut kita dapat menggunakan beberapa tools yang sudah disediakan missal (putty, winscp, winftp, dll). Atau dapat juga menggunakan terminal yang sudah disediakan oleh windows. TELNET ( Tele Network) artinya Remote login yang dapat terjadi di internet karena da service dari protocol TELNET. Dengan telnet, memungkinkan kita untuk mengakses computer lain secara remote melalui internet. Dalam bahasa yang mudah kita dapat memberikan perintah kepada computer lain baik dalam membuat file, mengedit, menghapus, dan menjalankan suatu perintah hanya melalui computer di depan meja kita. Telnet dapat dipakai dalam mesin berbasis UNIX dan sangat jarang aplikasi Telnet pada mesin berbasis Windows NT/2000. Telnet menggunakan 2 program yang satu adalah client (telnet), dan server (telnetd). Yang terjadi adalah ada dua program yang berjalan, Yaitu Software client yang dijalankan pada computer yang meminta pelayanan tersebut dan software server yang dijalankan oleh computer yang menghasilkan pelayanan tadi.
Tugas Dari client di TELNET ialah :
1. membuat konerksi Network TCP dengan server.
2. menerima inputan dari user.
3. memformat kembali iputan dari user kemudian mengubah dalam bentuk format standard dan dikirim ke server.
4. menerima oouput dari server dalam format standard
5. mengubah format output tadi untuk ditampilkan pada layer.
Tugas Dari server di TELNET ialah :
1. mengimformasikan software jaringan bahwa computer itu siap menerima koneksi.
2. menunggu informasi dalam bentuk format standard
3. melaksanakan permintaan tersebut
4. mengirim kembali hasil ke client dalam bentuk format standard
5. menunggu permintaan selanjutnya
Program telnet dapat memungkinkan computer host internet anda menjadi terminal dari computer host lain di internet. Kalau dengan FTP anda hanya dapat membuka koneksi hanya untuk mentransfer file. Sedangkan telnet memungkinkan anda untuk login sebagai pemakai pada computer jarak jauh dan menjalankan program layanan internet yang disediakan oleh computer tersebut. telnet menyediakan akses langsung ke beragam layanan di internet. Komputer host kita memang menyediakan berbagai layanan, namun jika layanan tersebut tidak ada anda bias menggunakan layanan tersebut melalui telnet. Misalnya ketika masyarakat internet menulis INTERFACE untuk membantu pengguna lain, telnet memungkinkan anda mengakses host mereka dan menggunaka INTERFACE yang mereka buat. Demikian juga jika seseorang membuat layanan yang bernmanfaat Telnet memungkinkan anda mengakses sumber daya informasi yang berharga ini.
Cara penggunaaan telnet sangat mudah, kita ketik telnet diikuti dengan alamat yang ingin anda hubungi bila menggunakan UNIX atau klik icon Telnet di Windows kemudian pilih menu connect kemudian remote system. Jika sudah tersambung berarti sudah berada di terminal pada computer jarak jauh tersebut sehingga bias berinteraksi dengan program yang tersedia. Telnet secara diam-diam berada di belakang layer saat anda berinteraksi dengan computer jarak jauh tersebut. Dalam kebanyakan kasus perintah yang perlu diketahui adalah perintah yang digunakan pada Host juarak jauh. Host kemungkinan menjalankan UNIX meskipun kita juga dapat menjumpai system operasi lain pada server Host seperti UMS atau Windows NT. Apabila menu tidak tersedia maka lebih baik amati file bantu (help) yang tersedia. Untuk mengkhiri sesi Telnet ketik Quit atau Exit pada beberapa system menggunakan Bye atau Off. Bila menggunakan windows tergantung program yang digunakan misal win Tel tinggal klick pada icon program yang bersangkutan.
Telnet dapat digunakan untuk mengakses beberapa fasilitas yang ada di internet. Fasilitas tersebut antara lain :
1. Library (perpustakaan)
2. Data base
3. Pengguna super computer
4. pengguna mesin khusus yang ada di suratu mesin tertentu
Aplikasi dari telnet yaitu :
1. windows
2. Unix FreeDSB
3. Linux
Diposkan oleh TKJ generation di 22:08

0 komentar:
Poskan Komentar
Posting Lama Halaman Muka
Langgan: Poskan Komentar (Atom)
*clock*
obj=new Object;obj.clockfile="0028-blue.swf";obj.TimeZone="GMT0700";obj.width=150;obj.height=150;obj.wmode="transparent";showClock(obj);

Bout Me
TKJ generation
Semua Tentang Tekhnologi DAn Komputer Lihat profil lengkapku

Arsip Blog
2008 (3)
Agustus (3)
PENGERTIAN FTP,SSH DAN TELNET
Setting Jaringan di Linux
Jaringan Nirkabel Rumah

Bagaimana komentar anda tentang isi dari BLOG saya?

*kalender*
Free Blog Content

Tampilan slide




Beri Komentar saya

Tidak ada komentar:

Posting Komentar